Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dekan Fakultas Teknik Umuslim Jadi Narasumber Kuliah Umum di USU Medan

Senin, 29 April 2024 | 15:48 WIB Last Updated 2024-06-14T08:50:04Z

Dekan Fakultas Teknik Umuslim Jadi Narasumber Kuliah Umum di USU Medan

 Foto Dr. Ir. Romaynoor Ismy, MT., IPM., ASEAN.Eng, Dekan Fakultas Teknik Universitas Almuslim (tengah)



Detikacehnews.id | Medan - Dalam rangka memperkaya wawasan akademis dan memberikan inspirasi kepada mahasiswa, Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar kuliah umum dengan tema "Asphalt Mesh Inovasi Perkuatan Struktur Flexible Pavement pada Campuran Aspal Panas". Acara ini menghadirkan narasumber istimewa Dr. Ir. Romaynoor Ismy, MT., IPM., ASEAN.Eng yang merupakan Dekan Fakultas Teknik Universitas Almuslim (Umuslim).


Hal itu dibenarkan oleh Dr. Ir. Romaynoor Ismy saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Senin, (29/4/2024).


"Benar, saya menjadi narasumber pada kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU)," ujarnya.


Kuliah umum yang berlangsung di Aula Fakultas Teknik USU ini dipadati oleh ratusan mahasiswa dan dosen dari Teknik Sipil pada Fakultas tersebut. Dr. Ir. Romaynoor Ismy dalam paparannya, mengupas tuntas berbagai aspek terkait asphalt mesh. Menurutnya, Asphalt Mesh adalah material berbentuk jaringan atau mesh yang digunakan sebagai perkuatan pada struktur perkerasan lentur (flexible pavement). Material ini biasanya terbuat dari serat sintetis, seperti fiberglass atau poliester, yang memiliki kekuatan tarik tinggi dan tahan terhadap suhu tinggi.





"Penggunaan Asphalt Mesh bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan umur panjang perkerasan aspal," ucapnya.


Ia juga menerangkan bahwa penggunaan Asphalt Mesh telah diterapkan di berbagai proyek jalan raya di seluruh dunia, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kinerja perkerasan. Misalnya, di beberapa proyek di Eropa dan Amerika Serikat, penggunaan mesh telah berhasil mengurangi jumlah retak dan deformasi, serta memperpanjang umur layanan jalan hingga dua kali lipat dibandingkan metode tradisional.


Selain itu, Dr. Ir. Romaynoor Ismy menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk akademisi, industri, dan pemerintah, dalam menciptakan teknologi yang inovatif dan berkelanjutan. Ia berbagi pengalaman pribadi dan studi kasus yang menunjukkan bagaimana kolaborasi ini dapat menghasilkan solusi teknologi yang efektif dan berkelanjutan.


Antusiasme peserta terlihat jelas dari interaksi aktif selama sesi tanya jawab. Mahasiswa tidak hanya bertanya tetapi juga memberikan masukan dan berdiskusi mengenai ide-ide baru yang dapat diterapkan.


"Acara seperti ini sangat membuka wawasan kami sebagai mahasiswa. Kami jadi lebih memahami berbagai inovasi pada penguatan struktur asphalt mesh", kata salah satu mahasiswa Teknik Sipil USU yang turut hadir.


Kegiatan yang di buka oleh kepala Departemen Teknik Sipil Bpk Dr. M. Ridwan Anas, ST., MT. Kuliah umum ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan akademik yang rutin diselenggarakan oleh USU dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas wawasan mahasiswa. Melalui acara ini, USU berharap dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan inspirasi yang dapat mereka aplikasikan dalam studi dan karier mereka di masa depan.


"Semoga kegiatan ini membawa berkah dan bermanfaat bagi peningkatan wawasan keilmuan di kedua fakultas secara umum. Terima kasih yang mendalam utk Bpk Prof. Dr. Ir. Fahmi, M.Sc., IPM Dekan Fakultas Teknik USU dan jajarannya", ucap Dr. Ir. Romaynoor Ismy.